Awal tahun ajaran baru sering kali menjadi momen penuh harap dan ketegangan, terutama bagi orang tua dan siswa yang membidik sekolah favorit. Sayangnya, di balik semangat seleksi terbuka yang diagung-agungkan, masih marak praktik jalur tak resmi: orang dalam (ordal) dan kekuatan finansial (modal). Fenomena ini menciptakan kesenjangan yang mencolok dalam sistem pendidikan kita—yang idealnya adil dan meritokratis.
Pendidikan semestinya menjadi alat untuk mencetak generasi emas—anak-anak bangsa yang unggul, berintegritas, dan mampu bersaing secara global. Namun bagaimana mungkin cita-cita itu tercapai jika sistemnya sudah pincang sejak gerbang masuk? Ketika siswa berprestasi harus tersingkir karena tidak punya koneksi atau dana besar, sementara yang lain melenggang masuk lewat jalur belakang, maka keadilan dalam pendidikan hanya tinggal slogan kosong.
Kasus semacam ini bukan hanya cerita dari luar, tapi nyata dialami banyak keluarga. Salah satu anggota keluarga saya, misalnya, harus menerima kenyataan pahit ketika anaknya yang memiliki segudang prestasi gagal masuk sekolah impian, karena kalah dari siswa lain yang datang dengan ‘persiapan dana’ besar—bahkan cukup untuk membeli sepeda motor Honda ADV. Ada juga yang berani untuk menambahkan fasilitas sekolah seperti penambahan AC bagi ruang tertentu Miris, tapi itulah wajah buram pendidikan kita.
Praktik ordal dan uang pelicin ibarat lingkaran setan yang sulit diputus. Mereka yang berada dalam sistem merasa diuntungkan dan enggan mengubahnya. Padahal, jika terus dibiarkan, dampaknya jauh lebih luas: melemahkan kepercayaan publik, mematikan motivasi siswa berprestasi, dan yang paling fatal, melanggengkan ketimpangan sosial.
Lalu, bisakah sistem seperti ini mencetak generasi emas? Jawabannya: sangat diragukan. Generasi emas tidak hanya butuh kecerdasan, tetapi juga integritas, semangat kompetisi yang sehat, dan sistem yang menghargai kerja keras. Jika sejak dini mereka dibentuk dalam lingkungan yang sarat ketidakadilan, maka nilai-nilai tersebut akan sulit tumbuh.
reformasi pendidikan tidak cukup hanya soal kurikulum dan fasilitas. Yang lebih mendesak adalah membenahi sistem penerimaan, menghapus jalur abu-abu, dan menegakkan meritokrasi secara tegas. Tanpa itu, generasi emas hanya akan menjadi utopia dalam negeri yang masih gemar memelihara praktik-praktik diskriminatif dalam dunia pendidikan. Selain itu Reformasi pendidikan juga tidak cukup hanya pada kurikulum atau gedung megah. Yang lebih mendesak adalah membenahi sistem penerimaan secara menyeluruh, menutup celah praktik curang, dan menegakkan meritokrasi. Tanpa keberanian untuk berbenah, maka harapan Indonesia Emas 2045 hanya akan berubah menjadi Indonesia Cemas.